Vaksin Booster Kedua Sudah Dilayani di Kota Magelang, Segera Daftar!

oleh
VAKSIN. Mulai hari ini vaksin booster kedua sudah mulai diaplikasikan di Kota Magelang.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
VAKSIN. Mulai hari ini vaksin booster kedua sudah mulai diaplikasikan di Kota Magelang.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.ID – Pemberian vaksis dosis penguat atau booster kedua sudah dimulai hari ini, 24 Januari 2023 di Kota Magelang. Vaksin ini dapat diperoleh masyarakat umum usia 18 tahun ke atas dan telah mendapat dosis penguat pertama.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Magelang Joko Budiyono mengatakan, sebanyak 21 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di wilayahnya sudah mulai melayani vaksinasi booster kedua. Stok vaksin sendiri, menurutnya, mampu memenuhi kuota permintaan seluruh masyarakat yang telah dinyatakan memenuhi syarat.

Dia mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi penguat kedua. Dengan begitu, imunitas komunal di Kota Magelang semakin kuat.

Joko yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang itu berujar, selain 21 Fasyankes, Pemkot Magelang juga dibantu lembaga lain seperti Polres Magelang Kota yang akan kembali membuka gerai vaksinasi.

“Target kami 70 persen masyarakat Kota Magelang bisa mendapatkan vaksin booster kedua. Hanya memang untuk booster ini ada kriteria khususnya, seperti lolos uji kesehatan dan usia sudah dewasa,” kata Joko.

Untuk saat ini, Joko menyebut capaian vaksinasi dosis ketiga sudah mendapai angka 70 persen. Sedangkan vaksin dosis kedua tercapai 128 persen.

“Target untuk vaksin dosis keempat atau booster kedua ini sama dengan booster pertama yakni 70 persen. Karena dibanding vaksin pertama dan kedua, vaksin booster ini mensyaratkan kriteria kesehatan tertentu, sehingga sangat selektif,” ucapnya.

Joko mengajak masyarakat fokus mempercepat vaksinasi dosis keempat atau booster kedua. Hal ini supaya kekebalan kelompok terbentuk dengan maksimal dan bisa melindungi diri sendiri maupun sesama.

“Kita semua tahu kalau vaksinasi ini sangat efektif menghalau varian baru Covid-19. Buktinya, waktu ada gelombang omicron dan XBB efeknya tidak terlalu fatal. Tapi saat delta tahun 2021 lalu, tingkat keparahannya luar biasa, karena kita belum memiliki kekebalan kelompok,” ungkapnya.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengaku akan kembali membuka gerai vaksinasi. Hal tersebut menjadi dukungan kepada pemerintah untuk menciptakan kekebalan kelompok.

“Kalau yang di Dokkes itu memang kita buka terus. Tapi nanti ketika sudah gencar vaksin booster kita akan membuka gerai vaksin booster kedua di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat,” ujarnya.

Yolanda mengatakan, antusiasme gerai vaksinasi yang dibuka Polres Magelang Kota tergolong tinggi. Hal itu tidak lepas dari gencarnya sosialisasi dan upaya kepolisian menggandeng pihak-pihak lain.

“Kemarin kita menggandeng perusahaan-perusahaan swasta, supaya karyawannya mendapatkan booster, dan itu efektif. Banyak karyawan-karyawan yang memanfaatkan gerai vaksinasi kepolisian. Vaksin ini diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia, jadi tidak terpaku untuk KTP orang mana,” tandasnya. (wid)

No More Posts Available.

No more pages to load.